Hubungan Olahraga Surfing Dengan Fisika

Publicado  Jumat, Maret 23, 2012

Surfing merupakan salah satu olahraga yang memanfaatkan alam sekitar, ombak adalah media utama untuk berolahraga surfing, namun apakah kalian tahu sebenarnya ombak itu sendiri terjadi karena adanya gelombang dari laut laut.
Yang kiya ketahui, fisika salah satu ilmu yang mempelajari tentang cepat rambat dan panjang gelombang, prinsip ilmu fisika ini sama dengan prinsip yang digunakan oleh ombak untuk berolahraga surfing.
Gelombang pada laut dapat dibangkitkan oleh angin (gelombang angin), gaya tarik menarik matahari dan bulan (pasang surut air laut), letusan gunung berapi dan gempa dilaut (Tsunami), kapal bergerak dan sebagainya.
Pada umumnya gelombang dialam sangat kompleks dan sulit digambarkan secara matematis karena ketidak linieran, dan mempunyai bentuk random (suatu deret gelombang mempunyai tinggi dan periode berbeda).

Pada teori Gelombang Airy
Klik disini

Profil Muka Air
η(x,t)= H/2   cos (kx- σt)








Cepat Rambat (C) dan Panjang Gelombang (L)
C = (gT/2π)  tanh (2πd/L)= (gT/2π)  tanh kd



Di dapat bahwa gembang dilaut memiliki ketinggian, dan periode yang berbeda. Pada teori ini dijelaskan bahawa sebenarnya ombak/gelombang yang berada dilaut membentuk suatu lingkaran, maka dari itu ombak yang ada di laut dapat mempermudah kita untuk berolahraga surfing, karena ombak yang berputar seperti lingkaran dapat membuat papan surfing tetap berada pada titik stabil.

0 komentar: